Jumat, 12 November 2010

PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA



Pemahaman konsep (Concept Understanding – biasanya disingkat dengan CU) merupakan salah satu aspek dari tiga aspek penilaian matematika. Penilaian pada aspek pemahanan konsep ini bertujuan mengetahui sejauh mana siswa mampu menerima dan memahami konsep dasar matematika yang telah diterima siswa (Sa’dijah, 2006).

Ada beberapa ciri khusus yang membedakan antara soal pemahaman konsep dengan soal untuk aspek penilaian yang lain. Menurut Sa’dijah (2006) setidaknya ada 7 ciri soal pemahaman konsep. Ciri-ciri tersebut antara lain:

  1. menyatakan ulang sebuah konsep;
  2. mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya);
  3. memberi contoh dan non-contoh dari konsep;
  4. menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis;
  5. mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep;
  6. menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu;
  7. mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.

Tidak ada komentar: