Jumat, 12 November 2010

PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Von Glasersfel dalam Sutinah (2006) menegaskan bahwa pengetahuan bukanlah suatu tiruan dan gambaran dari kenyataan yang ada. Pengetahuan selalu merupakan akibat dari suatu konstruksi kognitif kenyataan melalui kegiatan seseorang. Seseorang membentuk skema, kategori, konsep, dan struktur pengetahuan yang diperlukan untuk pengetahuan.

Puit dan Confrey dalam Sutinah (2006) merangkum beberapa prinsip penting teori konstruktivis sebagai arah pembaruan kurikulum pendidikan sains dan matematika, yakni:

  • pendekatan yang menekankan penggunaan matematika dan sains dalam situasi yang sesuai dengan minat siswa;
  • matematika pengetahuan, artinya bukan hanya menekankan isi matematika dan sains, tetapi juga konteks dan prinsip-prinsipnya. Dalam hal ini sangat penting bagi guru, mengerti bagaimana latar belakang penemuan-penemuan dalam bidang matematika dan sains;
  • penekanan lebih pada konstruksi, interpretasi, koordinasi, dan juga multiple idea;
  • menekankan agar siswa aktif; dan
  • penting diperhatikan adalah adanya perspektif alternatif dalam kelas.







  • Tidak ada komentar: